WISATA BAHARI SELAYAR


Selayar merupakan salah satu daerah kepulauan yang ada di Indonesia, yang  terletak di sebelah selatan Sulawesi. Sebagai daerah kepulauan, maka selayar memiliki sederetan hamparan pulau-pulau baik yang besar maupun yang kecil, baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Hamparan pulau-pulau ini memiliki potesi laut  sangat kaya yang harus dikembangkan dan dilestarikan untuk  kepentingan masyarakat selayar khususnya dan bangsa Indonesia  bahkan dunia internasional pada umumnya. Potensi laut inilah yang membawa selayar dikenal sampai kemancanegara, melalui keindahan alam bawah lautnya yang begitu memukau, yang dikenal dengan  taman nasional taka bonerate.

Taka bonerate adalah suatu kawasan kepulauan yang berada di laut flores. Taka Bonerate dalam bahasa daerah selayar berarti “ gundukan karang di atas pasir”. Secara geografis Taka Bonerate terletak di laut flores pada 120055’ – 121021 bujur timur  dan  6023’ – 7005’ Lintang  Selatan.  Kawasan ini merupakan gugusan 21 buah pulau termasuk pulau-pulau pasir, umumnya terbentuk dari endapan pasir dan bioerosi, yang sudah mengalami pembulatan, pelapukan sehingga terbentuk tanah-tanah muda. Kawasan ini merupakan karang atol terbesar ketiga disunia dengan luas 220.000 Ha. Gugusan terumbu karang yang menyelimutinya menjadikan Taka Bonerate memiliki keindahan bawah laut yang tersembunyi. Potensi keindahan terumbu karang tepi, terumbu karang penghalang dan atol memberikan keunikan yang beragam. Dengan adanya tiga tipe terumbu karang menjadikan taman laut ini mempunyai biodiversitas keanekaragaman hayati yang tinggi.

Menurut data base , kondisi biotic Taman Nasional Taka Bonerate  memiliki 49 genera jenis karang, 9 jenis lamun dari 12 jenis yang ada di Indonesia, 83 spesis Makro Alga, 362 spesis ikan, 216 spesies Moluska, 4 jenis  Penyu dan 3 jenis Ular laut, 47 jenis Ekinodermata, 3 jenis mamalia laut dan 33 spesies burung. Selain itu bentuk dan kenampakan pulau-pulau kecil yang memukau, pasir putih yang menyilaukan mata yang didukung pula oleh budaya serta masyarakat yang ramah dan menarik. Dengan potesi alam bawah laut yang begitu kaya, maka taman nasional taka bonerate menjadi surganya bagi bagi wisatawan yang gemar olah raga air terutama menyelam dan snorkel. Penyelaman dapat dimulai dari spot dive untuk pemula sampai pada spot dive yang menantang dan extrim, seperti penyelaman drop untuk menyaksikan biota yang sangat menantang seperti Muray, Hiu, Ikan Pari dan Penyu. Dan yang lebih menarik lagi  bagi penggemar fotografi bawah laut terdapat bebrapa obyek yang sangat indah dan eksotis untuk diabadikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: