OBJEK WISATA KAB. SELAYAR


Kabupaten Selayar  adalah salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan, memiliki begitu banyak objek wisata yang menarik. Ada objek wisata sejarah arkeologi, wisata budaya, wisata  alam serta yang paling popular adalah wisata  bahari.

  1. Wisata  Sejarah Arkeologi  terdiri dari :
    1. Mesjid Tua Gantarang.

Masjid ini didirikan pada awal abad 16 M oleh seorah sufi ( Datuo Di Tiro ) dikampung  Gantarang. Masjid ini merupakan masjid tertua di Sulawesi, dimana tiang tengahnya terbuat dari batang pohon cabe ( Lombok ). Akses menuju kampung tersebut dari  Kota Benteng ( Ibu Kota Kabupaten ) dapat ditempuh dengan angkutan darat  selama 45  menit.

  1. Gong Nekara.

Gong ini adalah Gong tertua dan terbesar di dunia. Dibuat pada zaman perunggu di Dong Son dan dibawa oleh pelaut dari China. Hal ini membuktikan bahwa Selayar dahulu merupakan Bandar besar  yang menjadi persinggahan bagi pelayaran internasional  yang cukup ramai.

  1. Jangkar Kuno

Jangkar ini memiliki ukuran sangat besar di zamannya, milik saudagar China yang melakukan pelayaran dan singgah di kampong Padang  disebelah selatan Kota Benteng pada akhir abad ke XIV. Kapal milik saudagar China tersebut mengalami kerusakan dan tidak dapat melanjutkan pelayarannya dan pada akhirnya kapal tersebut karam di tempat tersbut. Akhirnya masyarakat di kampong Padang tersebut mengamankan  Jangkar kapal tersebut  dan menjadi bukti sejarah.

Wisata  Budaya  terdiri dari

    1. Tari  Tradisional  Pakarena  Balla’ bulo
    2. Musik  Tradisional  yang terdiri  dari

-       Dide’

-       Gendang  Adat  ( Pui’-pui’ )

-       Batti’-batti’  ( Nyanyian berbalas  pantun yang di iringi music gambus, rebana dan gong ).

Wisata  Alam

Pada  objek wisata  alam ini, dapat di temui salah satu spesies  binatang yang termasuk langka di dunia yaitu  TARSIUS. Binatang ini dapat di temukan di pesisir timur bagian selatan pulau Selayar.  Selain itu ada pula Gua Alam Batu Baba, yang artinya  pintu  batu, yang dipercaya  sebagai pintuk untuk masuk rumah ajaib. Gua  ini memiliki kesaktian  sehingga di jadikan tempat untuk merawat  orang sakit. Tetapi apabila orang sakit itu meninggal pada saat dirawat maka mayatnya akan di kuburkan pada tempat-tempat tertentu  dalam Gua  tersebut.

 

Wisata  Bahari

Selayar adalah pusat wisata bahari di Provinsi Sulawesi Selatan, hal didukung oleh adanya  Taman Nasional Laut Takabonerate yang memiliki atol terbesar ketiga di dunia. Yang lebih menarik lagi di Pulau Selayar ini adalah sangat strategis untuk melakukan aktivitas kebaharian sepanjang tahun, dimana ketika musim barat tiba, aktivitas seperti diving, snorkeling, fishing dapat dilakukan di pesisir timur pulau Selayar. Demikian pula sebaliknya ketika musim timur tiba maka aktivitas tersebut dapat dilakukan di pesisir barat pulau selayar. Aktivitas wisata bahari dapat dilakukan di beberapa tempat seperti :Pantai Baloiya

Pantai ini terletak dipesisir barat Pulau Selayar yang memiliki resort dengan  fasilitas penginapan, restaurant dan scuba diving, dan dikelolah oleh PT. Selayar Island Resort. Pantai Baloiya dapat diakses sekitar 10-15 menit dari kota Benteng, dan 5 menit dari Bandara Aroeppala.

Pantai Bone Tappalang

Pantai ini terletak di pesisir timur Pulau Selayar juga tersedia resort yang dikelola oleh PT Selayar Dive Resort  yang menyediakan jasa penyelaman, penginapan dan restaurant. Atraksi wisata yang dapat dinikmati  adalah sunbathing, snorkeling dan diving.  Satwa langka juga dapat dilihat, seperti Tarsius, babi hutan, biawak serta gua alam. Lokasi ini dapat diakses sekitar 90 menit dari kota Benteng.

Pantai Pinang

Terletak tidak jauh dari pantai bone tappalang dengan memiliki pasir putih nan menawan hati dan sangat nyaman untuk berjemur setelah melakukan aktivitas diving atau snorkeling. Pada saat pergantian tahun baru, pantai ini banyak di kunjungi oleh kapal pesiar. Lokasi ini dapat diakses sekitar 80 menit dari kota Benteng.

Pantai Batang

Pantai yang berpasir ini terletak di pesisir timur Pulau Selayar, merupakan tempat bermain dan bertelur penyu serta penyu ini dapat menjadi teman bermain ketika melakukan aktivitas diving  atau snorkeling. Lokasinya dapat diakses 45 menit dari kota Benteng.

Pantai Hara dan Bonesialla

Kedua pantai ini juga terletak di pesisir timur Pulau Selayar, dua pantai ini berdekatan, sangat cocok untuk snorkeling, diving, fishing dan sunbanthing. Tidak jauh dari pantai ini terdapat homestay milik masyarakat. Dapat di akses 50 menit dari kota Benteng.

Dan yang paling terkenal adalah Taman Nasional Takabonerate.

Taman Nasional Laut takabonerate ini memiliki luas 320.765 Ha, yang merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia dan terbesar ke tiga di Dunia, dan berada pada daerah segitiga terumbu karang dunia. Di dalamnya terdapat pertemuan lempengan bumi benua Asia dan benua Australia. Dapat diakses selama 1 jam dari pantai timur Pulau Selayar ( Pelabuhan Pattumbukang ).

1 comment
  1. blogger friends, please visit the island a screen to enjoy the beautiful tourist attractions in our area, thank you wordpress team success always.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: